Prodi Akuntansi UNAIR Banyuwangi Sukses Gelar ‘National Conference of Accounting’

  • By admin
  • In Berita
  • Posted 26 September 2017
SUASANA pelaksanaan seminar “The 1st Airlangga National Converence of Accounting 2017”, di UNAIR Banyuwangi, pekan lalu. (Foto: Siti Mufaidah)

UNAIR NEWS – Prodi Akuntansi PSDKU (Pusat Studi Diluar Kampus Utama) Universitas Airlangga di Banyuwangi belum lama ini berhasil mengadakan seminar nasional bertajuk “The 1st Airlangga National Conference of Accounting 2017”. Kegiatan ini merupakan event perdana dari prodi Akuntansi PSDKU UNAIR di Banyuwangi, sekaligus sebagai puncak dari serangkaian kegiatan Call for paper dengan tema “E-Accounting for sustainable reporting in global competitiveness”.

Acara ini diselenggarakan selama dua hari, yaitu pada tanggal 6 dan 7 September 2017 yang lalu. Pada hari pertama, kegiatan ini dilaksanakan di Aula Pendopo Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, kemudian dilanjutkan di lokasi kampus PSDKU UNAIR Banyuwangi di Jl. Ikan Wijinongko 18-A, Sobo, Banyuwangi.

Tidak tanggung-tanggung, kegiatan ilmiah ini dihadiri beberapa nara sumber sebagai bintang tamu, antara lain Ketua BPK RI Dr. Moermahadi Soerja Djanegara, SE., Ak., MM., C.P.A., CA., Ketua IAI (Ikatan Akuntan Indonesia) Jawa Timur Prof. Tjiptohadi Sawarjuwono, M.Ec., Ph.D., Ak., yang juga Guru Besar FEB UNAIR, serta Kepala Komisaris Bank Jatim Dr. Rudi Purwono, SE., Ms.E.

Menurut keterangan Kepala Program Studi Akuntansi PSDKU UNAIR Banyuwangi, A.A. Gde Satia Utama, SE.,M.Si.,Ak, seminar tersebut merupakan representasi dari penerapan sistem akuntansi elektronik sebagai salah satu media pelaporan berkelanjutan di era global. Selain itu akuntansi berperan sebagai media pemberi input dan pemroses data secara mudah dan praktis.

”Sehingga hasil pengolahan datanya dapat digunakan secara berkelanjutan untuk mengatasi masalah perekonomian yang ada,” kata Gde Satia.

WAKIL Bupati Banyuwangi didampingi Wakil Rektor III UNAIR dan ketua PSDKU Banyuwangi, memukul gong pertanda pembukaan seminar nasional “The 1st Airlangga National Conference of Accounting 2017”, di UNAIR Banyuwangi. (Foto: Siti Mufaidah)

WAKIL Bupati Banyuwangi didampingi Wakil Rektor III UNAIR dan ketua PSDKU Banyuwangi, memukul gong pertanda pembukaan seminar nasional “The 1st Airlangga National Conference of Accounting 2017”, di UNAIR Banyuwangi. (Foto: Siti Mufaidah)

Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Banyuwangi, Yusuf Widyatmoko, S.Sos., Wakil Rektor III UNAIR Prof. Ir, Moch. Amin Alamsyah, M.Si., Ph.D., Wakil Dekan I FEB UNAIR, Ketua PSDKU UNAIR Banyuwangi Prof. Dr. Suryanto, Sp.Psi., Koordinator dan Wakil Koordinator PSDKU UNAIR Banyuwangi, empat orang KPS PSDKU UNAIR Banyuwangi, dan beberapa pimpinan perguruan tinggi di Banyuwangi. Tidak ketinggalan juga hadir perangkat daerah (SKPD) di Pemkab Banyuwangi serta beberapa instansi swasta dan kalangan perbankan di Kabupaten paling timur di Pulau Jawa ini.

Menurut Siti Zulaikah, koordinator mahasiswa akuntansi PSDKU UNAIR Banyuwangi, kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini, pada hari pertama diisi dengan materi yang disampaikan oleh para nara sumber tamu. Sedangkan pada hari kedua adalah presentasi hasil dari finalis Call for paper yang telah lolos seleksi yang dilakukan sebelumnya. (*)

Penulis: Siti Mufaidah

Editor: Bambang Bes

Sumber : http://news.unair.ac.id/2017/09/26/prodi-akuntansi-unair-banyuwangi-sukses-gelar-national-converence-accounting/

Hits 95