Mengintip Keunikan Munwa Pribadi PSDKU Banyuwangi

  • By admin
  • In Berita
  • Posted 11 May 2018
Penulis: Nabila Khusna Amalia (Mahasiswa FKM PSDKU 2017) Editor: Nuri Hermawan

UNAIR NEWS – Awal berdirinya Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Airlangga di Banyuwangi pada tahun 2014 masih belum memiliki banyak kegiatan di luar perkuliahan. Seiring berjalannya waktu, beberapa mahasiswa angkatan pertama memiliki ide untuk membentuk suatu komunitas yang berbeda dengan beberapa organisasi yang saat itu juga dalam masa pembentukan.

Dibentuklah suatu komunitas yang diberi nama Protokoler dengan ketua Anggun Mochamad yusuf, yang tidak lain sebagai pendirinya. Komunitas itu berdiri didasarkan atas rasa kekeluargaan, persaudaraan, dan tolong menolong. Begitulah sepenggal penjelasan dari  Ketua Munwa Pribadi 2018 Muhammad Reynaldy Thoriq Al Islam.

“Jadi Munwa Pribadi ini berdiri berdasarkan rasa kekeluargaan, saudara, dan tolong menolong. Begitu harapan dari pendiri Munwa Pribadi,” tuturnya.

Menurutnya, pada tahun 2015 karena beberapa pertimbangan, nama Protokoler berganti nama menjadi Munwa Pribadi yang merupakan kepanjangan dari Komunitas Mahasiswa Pengembangan Diri dan Kepribadian.

“Jadi sesuai dengan namanya saat awal beridir, komunitas ini  bergerak di bidang keprotokoleran. Yang mana pada kegiatannya mencangkup public speaking, table manners, etiket pergaulan, tata tempat, tata penghormatan dan tata upacara, serta keprotokoleran yang berkaitan dengan MC,” terangnya.

Dalam realitas kegiatan Munwa Pribadi, imbuhnya, berbagai pelatihan keprotokoleran sendiri langsung dilakukan oleh pihak Pemda Banyuwangi. Bahkan dalam kegiatan praktik lapangan langsung pada kegiatan-kegiatan di Banyuwangi. Kegiatan yang dimaksud seperti Banyuwangi Ethno Carnival, Festival Gandrung Sewu, Banyuwangi Beach Jazz Festival dan banyak kegitan Banyuwangi lainnya.

“Keikutsertaan para anggota untuk terjun langsung pada berbagai kegiatan di Banyuwangi dapat membentuk dan melatih langsung cara menghadapi berbagai karakter orang,” jelasnya.

Meski turut aktif pada kegiatan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Munwa Pribadi juga memiliki kegiatan besar intern tahunan yaitu perayaan Kartini. Perayaan kartini sendiri diadakan untuk ketiga kali sampai tahun 2018 ini. Perayaan yang pertama bernama Airlangga Fashion week, kemudian yang kedua perayaan Kartini dan untuk tahun ini 2018 Munwa Pribadi mengusung Kartini dengan malam puncak disertai penyematan mahkota pada campus ambassador yang telah terpilih pada serangkaian kegiatan sebelumnya.

“Dengan serangkaian kegiatan yang dijalani komunitas Munwa Pribadi diharapkan dapat bermanfaat tidak hanya bagi diri sendiri dan komunitas tapi juga masyarakat luas khususnya Banyuwangi yang dikenal dengan Blue fire dikawah ijennya,” pungkasnya.

Penulis: Nabila Khusna Amalia (Mahasiswa FKM PSDKU 2017)

Editor: Nuri Hermawan

Hits 606