’Basic Training of Public Health’, Kaderisasi Hima Kesmas UNAIR Banyuwangi

  • By admin
  • In Berita
  • Posted 15 November 2017
PESERTA kaderisasi Prodi S1 Kesehatan Masyarakat UNAIR Banyuwangi, melakukan kegiatan. (Foto: dokumentasi panitia).

UNAIR NEWS – Kaderisasi mahasiswa terus dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa (Hima) S-1 Kesehatan Masyarakat (B-PHA) Universitas Airlangga PSDKU (Pusat Studi Diluar Kampus Utama) Banyuwangi, dengan mengadakan Basic Training of Public Health (BToPH), Sabtu sepekan lalu.

Menurut ketua pelaksana BtoPH, Rochmad Ardiansyah P, Senin (13/11) kemarin, kegiatan BToPH ini merupakan bentuk aktualisasi pengenalan program studi kesehatan masyarakat (Kesmas) kepada mahasiswa baru (maba). Materi yang dikenalkan terutama mengenai aspek etika, dasar ilmu kesehatan masyarakat, peluang kerja, serta penerapan ilmu kesehatan itu sendiri.

Tujuannya agar mahasiswa semester awal dapat mengenal lebih mendalam program studi yang telah dipilihnya. Saat ini mahasiswa prodi S-1 Ilmu Kesehatan Masyarakat PSDKU Universitas Airlangga Banyuwangi sudah sampai pada angkatan ke-4, dengan total sekitar 200 mahasiswa. Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

”Kegiatan pengkaderan dengan BToPH ini dilaksanakan selama satu semester, namun yang do action dilaksanakan sekitar 1,5 bulan. Puncak do action-nya dilaksanakan pada 9-10 September lalu yang berlokasi di Taman Wisata Osing di Banyuwangi.

”Tidak hanya mahasiswa, dalam proses pengkaderan ini bagi mahasiswa baru juga melibatkan seluruh dosen prodi Kesmas di Banyuwangi. Tujuannya agar maba tidak lagi canggung dengan dosen pengajarnya yang ada, sehingga dapat mengenal bagaimana system pembelajaran selanjutnya,” lanjut Ardin.

Rangkaian kegiatan BToPH tersebut terdiri dari pengenalan program studi Kesmas, pengenalan tujuh departemen yang ada, penjelasan lebih mendalam mengenai delapan peminatan, pembelajaran mengenai etika dasar, peluang kerja mahasiswa kesmas, pengelanan ISMKMI (Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia) dan IAKMI (Ikatan Alumni Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia), kajian keagamaan, pengakraban antar-maba dan senior, pelaksanaan event angkatan, magang dan masih banyak lainnya.

Dinilai oleh Nurmakkatul, seorang mahasiswa baru angkatan 2017, kegiatan ini cukup unik, karena dengan cara unik pula ia mengaku bisa mengenal prodi yang dipilih melalui kegiatan ini.

”Saya kagum dengan penyajian acara BToPH, karena dengan acara ini saya lebih mengenal bagaimana menjadi seorang sarjana kesehatan masyarakat itu nantinya, lebih akrab dengan teman, dan tahu bagaimana gambaran nanti setelah lulus,” tutur Nurmakkatul. (*)

Penulis : Siti Mufaida

Editor : Bambang Bes

Sumber : http://news.unair.ac.id/2017/11/15/basic-training-public-health-kaderisasi-hima-kesmas-unair-banyuwangi/

Hits 362